Kamis, 01 Oktober 2015

Tugas Pengantar Psikologi Manajemen dan Organisasi


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Manajemen, kerap kita dengar didalam ilmu-ilmu ekonomi. Tapi didalam ilmu Psikologi juga terdapat ilmu manajemen. Oleh karena itudalam pembahasan kali ini saya akan mecoba untuk memberikan penjelasan tentang psikolagi manajemen
.
2.      Rumusan Masalah

·         Apa itu Psikologi Manajemen ?
·         Apa itu Oragnisasi ?

3.      Tujuan Pembahasan
Untuk Mengetahui apa itu Psikologi Manajemen dan Organisasi itu sendiri
























BAB II
PEMBAHASAN


1.      Psikologi Manajemen
Menurut Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Lalu, apa kaitannya dengan psikologi? Dengan dikemukakan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun. Mengapa demikian? Pasalnya, ilmu psikologi memang berpusat pada manusia. Ilmu psikologi mampu melakukan intervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dan sebagainya dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga SDM mampu mencapai tahap yang paling optimal dalam tujuannya meningkatkan produktivitas perusahaan.
Berikut ini merupakan 4 fungsi utama dalam manajemen:

a.      Perencanaan (planning)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan dalam fungsi perencanaan:

- Menetapkan tujuan dan target bisnis
- Merumuskan strategi dan tujuan dan target bisnis
- Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- Menentukan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan target dan bisnis

b.      Pengorganisasian (organizing)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi. Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian:

- Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan   prosedur yang diperlukan.
- Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
- Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
- Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
c. Pengarahan (directing)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Kegiatan dalam fungsi pengarahan:

- Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
- Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.

d. Pengawasan (controlling)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Kegiatan dalam fungsi pengawasan:

- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah di tetapkan.
- Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
- Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.


2.      Organisasi

Menurut Giffin, Organisasi merupakan sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Sedangkan menurut Ernie & Kurniawan, Organisasi merupakan sekumpulan orang atau sekelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama.
Ada 2 jenis organisasi, berikut penjelasannya:

1.      Organisasi Profit
Organisasi yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan profit/laba. Biasanya merupakan perusahaan besar seperti perusahaan manufaktur bank, perusahaan asuransi, koperasi, dll.

2.      Organisasi Nonprofit
Organisasi yang mempunyai tujuan tidak untuk mendapatkan profit/laba. Misalnya, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah kota, yayasan social, dll.


BAB III
ANALISA


1.      Beberapa manfaat dari psikologi manajemen:
Untuk mendapatkan pemecahan bagi masalah-masalah yang penting berkenaan dengan penggunaan tenaga manusia di dalam proses manajemen.

2.      Agar dunia manajemen mampu menggunakan prosedur-prosedur yang lebih relevan/tepat untuk memecahkan masalah-masalah kemanusiaan.
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur/me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.


























Referensi


Leavitt, Harold J. (1992). Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga.
http://indryawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28361/Psikologi+Manajemen+Rini.ppt.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar